Rabu, 26 Maret 2014

PENGARUH CARA BELAJAR TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA SMK FARMASI NASIONAL SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013( PART 1)


 










PENGESAHAN

Laporan Karya Ilmiah Siswa yang berjudul Pengaruh Cara Belajar Terhadap Prestasi Hasil Belajar Siswa SMK Farmasi Nasional Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013,

telah disetujui dan disahkan:
Surakarta, Januari 2013



Wakil Kepala Sekolah Bidang Sishum Guru Pembimbing
SMK Farmasi Nasional Surakarta Ekstrakurikuler KIS


Didik Siswanto, S.F., Apt. Nehemia Purnanto, S.S.


Mengetahui,
Kepala SMK Farmasi Nasional Surakarta



Joko Kristianto, S.F., Apt.

PERSEMBAHAN

Karya tulis yang berjudul PENGARUH CARA BELAJAR SISWA SMK FARMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR kami persembah kan untuk :


  • Untuk semua teman-teman kelas xc
  • Untuk Febri,Felin,Winda,Zafir,Fikey
  • Untuk Kakak yang selalu mendukung semua apa yang kami lakukan
  • Untuk Pak Nehemia yang sabar membimbing kami
  • Untuk sahabat-sahabat tercinta yang selalu mendukung











MOTTO


  • Tiada yang lebih berharga dari nikmat hidup sehat(Sumber Arum Sari)
  • Hanya perlu 3 hal untuk bahagia; sesuatu untuk diharapkan,sesuatu untuk dilakukan, dan seseorang untuk dicintai (Okta Verina Yuan H)
  • Kompak lebih enak(Avita Hosiana)
  • Keep fighting(Siti Nurhasanatul Azizah)
  • What doesn't kill you make you stronger(Krestiyani Putri)
  • Hidup adalah masalah dan masalah adalah sesuatu yang harus di hadapi (Dhiah Ayu Permata Sari)
  • Belajar dari kesalahan orang lain lebih baik(Mulaty Dwi Untari)
  • Tidak ada usaha yang sia-sia (Laras Dwi Autarina A)
  • Setiap nafas yang ku hembuskan menentukan surga dan neraka kita (Fransisca Dian Marginata)
  • Mencintai,bukan harus memiliki (Kurnia Noviana)
  • Ketika kau ingin menyerah,pada saat itulah kamu akan menemukan sebuah harapan baru(Rina Suciati)
  • lakukan hal kecil yang kamu bisa hari iniuntuk mengubah mimpi masa depan(Fabrianne Albertina H)












KATA PENGANTAR


Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami penulis dapat menyelesaikan Karya Ilimiah Siswa-Siswi, dengan judulPENGARUH CARA BELAJAR SISWA SMK FARMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR
Karya Ilmiah ini di buat ubtuk memenuhi tugas ekstrakulikuler KISS(Karya Ilmiah Siswa-Siswi).Karya Ilmia ini di buat berdasarkan data-data penelitian kuantitatin dan data-data dari tinjauan pusta lainya.
Banyak hambatan dalam penulisan Karya Ilmiah ini.Dengan selesainya Karya ilmiah ini,kami penulis mengucapkan terimakasih kepada :
  1. Bapak Joko Kristianto,S.Far,Apt selaku kepala sekolah SMK FARMASI NASIONAL SURAKARTA yang telah memberi kesempatan kepada kami penulis untuk membuat Karya Ilimiah Siswa-Siswi
  2. Bapak Nehemia PurnantoS,S.selaku guru pembimbing yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan pengarahan dan bimbingan serta petunjuk kepda kami hingga terselesaikannya Karya Ilmiah Siswa-Siswi
  3. Bapak Disik Siswanto,S.Far,Apt. Selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan yang telah mendukung pembuatan Karya Ilmiah Siswa-Siswi
  4. Bapak dan Ibuguru SMK FARMASI NASIONAL SURAKARTA yang telah meberi bekal ilmu pengetahuan kepda kami
  5. Orangtua dan keluarga yang telah memberi dukungan dan semngat moril maupun spiritual
  6. Sahabat,rekan-rekan siswa dan semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang telah membantu terlkasananya Karya Ilmiah Siswa-Siswi ini.






















DAFTAR ISI

Halaman Judul
Halaman Pengesahan
Halaman Motto
Halaman Persembahan
Halaman Kata Pengantar
Halaman Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
  1. Latar Belakang
  2. Rumusan Masalah
  3. Tujuan Penelitian
  4. Manfaat Penelitian
  5. Hipotesis
Bab II Kajian Teori
  1. Prestasi Belajar
  2. Cara Belajar Efektif
  3. Siswa SMK
Bab III Metode Penelitian
  1. Penelitian Kuantitatif
  2. Sumber Data Penelitian
  3. Jadwal Penelitian
  4. Analisis Data
Bab IV Pembahasan
  1. Hasil Angket Penelitian
  2. Hasil Analisis Penelitian
Bab V Penutup
  1. Simpulan
  2. Saran
Daftar Pustaka
Lampiran



















BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Farmasi Nasional Surakarta adalah salah satu sekolah kejuruan dalam bidang kesehatan di Surakarta. Fokus pada keahlian farmasi, SMK Farmasi Nasional Surakarta mengembangkan pendidikan dan mencetak lulusan siap kerja dalam dunia kesehatan. Lulusan SMK Farmasi Nasional Surakarta mendapat perhatian masyarakat, terbukti banyak siswa yang ingin melanjutkan sekolah di tempat ini. Tidak hanya dari wilayah kota Surakarta saja, namun dari wilayah karisidenan Surakarta (Wonogiri, Sragen, Boyolali, Sukoharjo, Klaten), bahkan dari kota-kota di seluruh Indonesia.
SMK Farmasi Nasional Surakarta dalam pengaturan jadwal mata pelajarannya memiliki persebaran yang berbeda dengan sekolah-sekolah yang lain. Sistem penyebaran mata pelajaran yang menerapkan sistem seperti perkuliahan, waktu pembelajaran yang dimulai pukul 06.00 - 17.15 WIB membuat siswa harus mengatur cara belajarnya dengan baik. Tidak hanya mata pelajaran teori yang siswa dapatkan, tetapi juga pelajaran praktik, misalnya Praktik Resep, Praktik Kimia, Praktik SAM, dan sebagainya.
Dengan adanya sistem penjadwalan tersebut dan dengan materi-materi yang cukup berat yang harus dipelajari, siswa SMK Farmasi Nasional Surakarta harus dapat mengatur cara belajarnya dengan baik, serta tetap dapat meraih prestasi sekolah. Berdasarkan pemikiran terebut, peneliti tertarik untuk mengatahui apakah ada hubungan cara belajar dengan prestasi belajar. Dengan cara belajar apakah siswa SMK Farmasi dapat berprestasi di sekolah, bahkan terbukti pula berturut-turut SMK FARMASI meraih nilai UN tertinggi se-Surakarta.
  1. Rumusan Masalah
Bagaimanakah pengaruh cara belajar terhadap prestasi hasil belajar siswa SMK Farmasi Nasional Surakarta tahun pelajaran 2012-2013?
  1. Tujuan Penelitian
Mendeskripsikan pengaruh cara belajar terhadap prestasi hasil belajar siswa SMK Farmasi Nasional Surakarta tahun pelajaran 2012-2013.
  1. Manfaat Penelitian
    1. Bagi Siswa
Siswa dapat mengetahui dan menerapkan cara belajar yang baik untuk meningkatkan prestasi hasil belajar.
    1. Bagi Guru
Guru dapat mengetahui dan mendukung siswa menerapkan cara belajar yang baik untuk meningkatkan prestasi hasil belajar.
    1. Bagi Masyarakat
Masyarakat dapat mengetahui, menerapkan dan mendukung siswa menerapkan cara belajar yang baik untuk meningkatkan prestasi hasil belajar
  1. Hipotesis
Anggapan awal peneliti terhadap hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh cara belajar terhadap prestasi hasil belajar siswa SMK Farmasi Nasional Surakarta tahun pelajaran 2012-2013. Cara belajar yang baik dengan waktu yang tepat dan frekuentif, serta motivasi belajar yang tinggi dapat mempengaruhi hasil belajar.






0 komentar:

Posting Komentar